Senin, 28 Maret 2011

Tips Merawat Kulkas

Kulkas atau lemari penyimpan makanan/minuman, sekarang ini sudah tidak menjadi barang mewah lagi. Bahkan sampai ke pelosok desa saat ini sudah banyak yang memiliki, hal ini karena didukung oleh PLN yang menjadi faktor utama dalam pengoperasian kulkas.
Diantara pengguna kulkas/lemari es ini sebagian besar belum mengetahui tentang bagaimana merawat dan mengoptimalkan fungsi/fitur yang terdapat pada masing-masing kulkas. Untuk itu saya akan menyampaikan sedikit mengenai perawatan kulkas dirumah Anda.
Jika Anda menggunakan kulkas model 'No Frost'(untuk kulkas 2 pintu atau 3 pintu) Anda tidak perlu membersihkan bagian Freezer, karena pada bagian ini tidak akan muncul bunga es. Namun bagi yang menggunakan model 'frost', Anda harus membersihkan bagian freezer ini secara berkala.
Perlu Anda ketahui bahwa yang menjadi penyebab munculnya salju atau bunga es pada bagian freezer ini adalah udara yang masuk saat pintu dibuka. Untuk itu, semakin Anda sering membuka pintu kulkas dalam waktu lama, maka bunga es/salju yang muncul akan semakin cepat dan semakin tebal.

Mengapa bunga es ini perlu dibersihkan? 
Sebagian pengguna kulkas menganggap bahwa salju yang menempel pada dinding freezer adalah menguntungkan, padahal justru sangat merugikan. Karena dengan munculnya salju ini maka kapasitas pendinginan menjadi menurun dan konsumsi listrik juga menjadi boros. Maka untuk dapat mengoptimalkan pendinginan/pembekuan dan menghemat listrik salju ini harus dibersihkan secara berkala.
Ada 2 tipe kulkas model frost ini yaitu tipe dengan tombol semi-auto defrost, dan manual defrost.
Untuk tipe semi-auto defrost, jika salju sudah lebih dari 6mm, Anda tinggal menekan knob yang ada di tengah pengatur suhu. Saat Anda menekan knob ini kompressor akan mati dan setelah seluruh bunga es mencair kompressor akan hidup kembali secara otomatis.
Sedangkan untuk kulkas dengan defrost manual, Anda harus memutar knob pengatur suhu ke posisi OFF kemudian setelah seluruh bunga es mencair, Anda harus menghidupkan kembali dengan memutar pengatur suhu ke kanan (searah jarum jam).
Jangan sekali-kali Anda mencongkel es atau makanan/minuman yang menempel pada dinding freezer dengan menggunakan obeng/pisau atau benda tajam lainnya karena dapat menyebabkan kebocoran gas pendingin. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera matikan kulkas, bersihkan seluruh bagian (terutama bagian freezer) kemudian .....
Bersambung.......



10 komentar:

  1. Ijin Copas yang bung. Ilmu saya jadi nambah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Boleh. Silahkan.... Smoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Kenapa kulkas 2 puntu cepat on dan off ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang agan maksud kulkas 2 pintu yang type 'No Frost'.
      Kondisi Off pada kulkas type ini terjadi ketika suhu ruang kabinet sudah dingin (tergantung pengaturan) dan saat defrost (pencairan bunga es) berlangsung. Lain halnya dengan kulkas 2 pintu yang type frost ataupun kulkas 1 pintu. Pada kulkas type ini kondisi off hanya terjadi jika suhu dingin sudah tercapai saja karena tidak ada proses defrost. Terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus
  3. mau nanya mas...sya baru beli kulkas, setelah bkin es batu ko lama bnget bekunya ya? mesti nunggu shari smalam baru jadi es batu & saat sya liat freezernya cuma bersalju sebagian, dinding belakang & samping tidak bersalju sama skali...apakah ini normal?

    BalasHapus
  4. kulkas saya semi auto defrost dan sekarang tidak fungsi, dikolong freezer ada kabel pipa yang putus apakah itu penyebabnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel yang diputus itu adalah sensor suhu. Harus di tempel di bagian bawah evaporator/rak Freezer. Tombol defrostnya berfungsi/bisa ditekan kalau sensor suhunya sudah dingin, dibawah nol derajat.

      Hapus